Rabu, 25 Mei 2016

Penjelasan tentang South bridge dengan Northbridge

Pengertian dan Perbedaan Southbridge dengan Northbridge

Motherboard atau papan sirkuit merupakan pusat dalam sistem komputer yang berguna sebagai tempat penghubung antara satu komponen dengan komponen lain. Prosessor, VGA card, LAN card dan RAM diletakkan pada motherboard. Pada motherboard banyak sekali komponen elektronik yang sangat penting, diantaranya yaitu Southbridge dan Northbridge. Kedua komponen tersebut berperan penting dalam pelaksanaan proses pertukaran data.


Southbridge memiliki fungsi utama sebagai pengatur kerja antara perangkat semacam PCI Bus, ROM Bios, IDE Controller, Mouse, Keyboard, Modem dan fungsi input output lainnya. Sebuah Southbridge berhubungan dengan pheriperal lewat jalur penghubung yang mempunyai kecepatan lebih lambat dibandingkan dengan jalur penghubung yang di pakai oleh Northbridge.

Northbridge mempunyai fungsi untuk menjembatani arus data yang ada pada sekitar RAM, AGP, prosessor dan manajemen power. Northbridge berperan sangat penting dalam motherboard, yaitu sebagai penghubung prosessor ke memori sistem dan graphic controller (PCI Express dan AGP) melalui bus yang memilki kecepatan tinggi dan ke Southbridge.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpukan perbedaan Southbridge dan Northbridge yaitu :

  • Southbridge berfungsi mengatur kerja pheriperal sedangkan Northbridge untuk menjembatani arus data
  • Northbridge memiliki jalur penghubung lebih cepat dibandingkan jalur yang digunakan penghubung pada Southbridge

1 komentar: