Rabu, 25 Mei 2016

Penegertian,fugsi,dan jenis jenis printer

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Printer

Printer merupakan sebuah perangkat output yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan  dari komputer ke dalam bentuk kertas. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan kabel jenis LPT yang disambungkan melalui port parallel dan ada juga printer yang bisa dihubungkan menggunakan kabel USB.

Terdapat tiga jenis printer, berikut adalah penjelasannya :

1. Dot Matrix
Printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita, oleh karena itu warna yang dihasilkan oleh printer dot matrix kurang bervariasi. Hanya ada hitam, merah, dan biru saja.

2. Ink Jet
Pada printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink untuk mencetak. Hasil cetakan dari printer ink jet memiliki kualitas yang sangat baik dan memiliki kemampuan untuk mencetak pada kertas berukuran besar.

3. Laser Jet
Untuk printer jenis ini metode pencetakannya menggunakan tinta serbuk atau powder ink dengan memakai perangkat infra merah. Laser jet memiliki hasil cetakan yang lebih bagus dibandingakan dengan jenis dot matrix maupun ink jet. Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kualitas cetak yang sangat tinggi serta hasil cetaknya lebih cepat kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar